Friday, June 13, 2014

LAB 23 EIGRP (Enhanced interior gateway routing protocol)

Enhanced Interior Gateway routing protocol (EIGRP) adalah sebuah protocol yang diciptakan oleh cisco dan hanya berjalan di perangkat cisco (proprietary cisco). Jika ingin melakukan routing dan menggunakan perangkat dari vendor yang berbeda maka kita bisa menggunakan routing protocol bebas seperti RIPv2, OSPF dll.

Petunjuk Lab:
  • Melakukan konfigurasi EIGRP 
  • Menghitung Nilai Metric Pada EIGRP
Dasar Teori:
Advance distance vector atau hybrid routing protocol
Protocol jenis tersebut (hybrid) merupakan gabungan dari sebagian fitur distance vector dan link state. distance vector biasanya digunakan pada network yang topologinya jarang di ubah atau router-routernya memiliki speed dan bandwidth yang sama sehingga proses penentuan jalurnya lebih akurat dan jaluh lebih cepat dibandingkan link state. Namun jika jika networknya mudah berubah dan gabungan dari berbagai interface yang berbeda maka link state jauh lebih baik daripada distance vector. Protocol hybrid (EIGRP) dikembangkan untuk mengantisipasi kedua kondisi tersebut.

Proses konvergensi cepat
Dalam kondisi tertentu jalur atau rute network kadang mengalami perubahan, link gagal, kesalahan konfigurasi, kabel putus dll. jika hal tersebut terjadi maka router-routernya akan melakukan update routing sehingga terbentuk tabel routing terbaru, inilah yang disebut dengan konvergensi.

Mendukung Variable Length Subnet Mask ( VLSM )
VLSM adalah sebuah cara atau metode untuk membagi alamat IP ke subnet yang berbeda ukuran dan mengalokasikan sesuai dengan kebutuhan pada jaringan tersebut.

Melakukan update secara partial (Trigger Update)
suatu kondisi dimana router mengirimkan update ke router lain ketika terdapat rute baru dlm routing table (hanya router yang mengalami perubahan), interface up atau down, dan status neighbornya unreacheble.

Load balancing (equal dan unequal)
load balancing adalah metode bagaimana si router membagi traffik menujut network tujuan yang mempunyai nilai metrik yang sama melalui lebih dari satu link atau jalur. Load balancing terbagi 2 jenis yaitu equal (jalur/link dengan nilai metrik sama) dan unqual (link atau jalur yang memiliki nilai metrik yang tidak sama).

Algoritma DUAL (Diffusing Update Algorithm)
Disffusing Update Algorithm (dual) adalah algoritma pada EIGRP yang fungsinya jika suatu jaringan mengalami masalah atau putus maka routernya akan mencari jalur cadangan/backup untuk menuju network tujuan dan karakteristiknya akan mencari jalur dari router tetangganya.

Menggunakan alamat multicast 
EIGRP menggunakan alamat multicast (224.0.0.10) dalam berkomunikasi dengan router tetangga / neighbornya serta melakukan pertukaran pesan.

  • Hello: digunakan untuk menjalin hubungan atau mengindetifikasi keberadaan dirinya ke router tetangganya.
  • update: Mengirimkan informasi update routing secara multicast hanya apabila terjadi perubahan.
  • Query: menanyakan rute terbaik sebelumnya yang telah hilang.
  • Reply: digunakan untuk menjawab query.
  • ACK: untuk acknowledge / memberitahukan kembali paket update yang sudah diterimanya.
*catatan multicast, sering kita gunakan IP private address pada IPv4 dengan kelas A, B dan C. namun jarang kita menggunakan kelas D dan E, nah untuk kali ini multicast ditentukan dengan ip adress  224.0.0.10 artinya menggunakan pengalamatan kelas D pada IPv4.
Konfigurasi R1 dan R2
Konfigurasi R3
Penjelasan IP loopbacknya silahkan ke link lab saya sebelumnya (klik disini). kemudian pada lab. kali ini saya akan melakukan Summarization pada IP loopbacknya.
EIGRP pada Router R1, R2 dan R3
syarat utama pada nilai AS number atau Autonomous system WAJIB sama untuk semua router (lihat pada warna biru) untuk numbernya sendiri kita yang nentuin kecuali protocol BGP yang langsung ditentukan oleh IANA. serta garis merah menujukan bahwa IP loopback dari loop 1 hingga loop 4 ditentukan dengan subnet mask (255.255.255.0) namun EIGRP pada gambar di atas menggunakan wildcard mask (0.255.255.255), subnet mask dan wildcard mask sama aja.
Verifikasi
Melihat interface yang telah aktif "show ip interface brief | include up"
Jika Tanpa memberikan perintah " | include up " maka hasilnya akan menampilkan semua interface yang UP ataupun Down.
Melihat hasil routing table EIGRP 
coba perhatikan garis kotak merah dengan angka 90/2297856 , Angka 90 merupakan nilai Administrative Distance (AD) dan 2297856 adalah metric dari Router R1 dengan tujuan Router R2 int loopback 0. Nilai AD digunakan untuk menentukan routing protocol jika terdapat dua routing yang menyediakan jalur tujuan yang sama sedangkan Metric adalah suatu ukurang yg digunakan untuk menentukan nilai cost untuk menuju network tujuan. semakin kecil nilai metricnya maka akan menjadi pilihan utama dlm pemilihan jalur terbaiknya. Eigrp menggunakan komponen-komponen metric seperti delay, bandwidth, relialibity, load, dan MTU. Namun defaultnya hanya menggunakan bandwitdh dan delay untuk menentukan jalur terbaiknya.
pertanyaanya, darimanakan nilai 2297856 didapatkan ?
nih rumus untuk mendapatkannya nilai tersebut,

Metric = 256*((K1*Bw) + (K2*Bw) / (256-Load) + (K3*Delay)*(K5 / (Reliability + K4)))
k1 berhubungan dg bandwidth (Bw) = 1
k2 berhubungan dg load = 0
k3 berhubungan dg delay = 1
k4 berhubungan dg reliability = 0
k5 berhubungan dg MTU = 0

Nilai K adalah nilai konstanta yang mengatur berbagai parameter yang akan mempengaruhi metric. jika nilai K = 0 maka sebagai parameternya kita abaikan, namun jika K = 1 maka parameternya akan diperhitungkan dalam kalkulasi metric, Sehingga kita bisa lihat bahwa yang dihitung hanya bandwidth dan delay saja (Nilai K = 1 ) yang lainnya K=0. semuanya akan dilibatkan atau dihitung ketikan kita akan mendistribusikan routing table EIGRP nya. Perubahan nilai tersebut menghasilkan formula baru:
bandwidth : (10.000.000/bandwidth kbps) * 256 + (jumlah delay/10) * 256 = EIGRP metric

Pada lab. kali ini saya akan menghitung berapa nilai metric yang di perolah dari interface s0/0 pada router R1 menuju ke interface loopack 0 pada router R2 (ingat bahwa int loop0 melalui interface fisik s0/0 pada R2 ).
Perhitungan Bandwitdh
sebagai ketentuan bahwa bandwidth di definisikan dengan nilai 10.000.000.000 kbps dibagi bandwitdhnya (cari nilai bandwidth yang paling kecil), sehingga:

bandwidth : (10.000.000/bandwidth kbps) * 256 atau
Bandwith : 10.000.000/1544 = 6476 * 256 = 1657856 kbps 
Perhitungan Delay 
untuk nilai delay itu sendiri tergantung dari jenis interface apa yang digunakan dan setiap nilai interfacenya didefinisikan :
(lihat jenis kabel T1 atau serial nilai nya 1.544 dengan delay nya 20.000), sehingga nilai delay nya sbb:

Delay : (jumlah delay/10) * 256 atau
Delay : (20000 / 10) + (5000 / 10)  * 256 =  640000

Kembali ke pertanyaan awal , darimanakah nilai 2297856 didapatkan ?
bandwith didapat dengan nilai 1657856 dan delay nya 640000, sehingga  metric EIGRP= Bandwidth + Delay atau 
metric EIGRP= 1657856  + 640000 = 2297856 kbps 
#kalau masih bingung, BACA BERULANG KALI  :D

Tes konetifitas menggunakan TCL script
Dibawah ini command untuk melakukan tes konektifiatas yang di lakukan pada R2 dengan tujuan IP address dan IP loopbacknya.
Foreach address = foreach adalah Sebuah perintah yang menerapkan atau membuat loop/pengulangan dimana variable loop mengambil nilai dari satu atau lebih dari daftar yang ada.

Manipulasi Bandwitdh
secara default interface serial 0/0 memiliki bandwitdh 1544 kbit, namun bandwitdh tersebut dapat di ubah atau dimanipulasi seperti (lihat gambar dibawah ini):
sebelumnya interface s0/0 memiliki bandwidth 1544 kbit kemudian saya mengubahnya menjadi 100 kbit, hal ini akan mempengaruhi metric pada EIGRP.

No comments:

Post a Comment